Shalat IED 1443 H di Masjid Berlin Hartford, Connecticut AS Dibagi Tiga Gelombang

Hartford AS, AngkatanMerdeka.com

Pengalaman  untuk pertama kali saya bersama keluarga merayakan, shalat Idul Fitri 1443 H, bertepatan 2 Mei 2022. Selain itu, juga merasakan dan menyaksikan langsung tradisi puasa di tanah rantau, kota Hartford, Connecticut, Amerika Serikat.

Kami dijemput dan diantar pulang oleh Ibu Wati Amir, diaspora asal Palembang, Sumatera Selatan. Ibu Wati dan Nurlaila Amir kakak beradik telah tinggal di Amerika lebih 30 tahun dan keduanya menikah dengan pria Amerika.

 

Yang unik adalah ketika kami shalat Ied Fitri dalam tiga gelombang, mulai dari jam 07. jam 09 dan jam 11 pagi waktu Hartford. Gelombang pertama, mayoritas jemaah dari negara Pakistan dan Arab Saudi, gelombang kedua dari Bangladesh, Sri Langka, dan lain-lain dan gelombang ketiga dari Indonesia.

MENU INDONESIA IBU NURLAILA AMIR DI KOTA HARTFORD

Seusai melaksanakan shalat Idul Fitri 1443, kami diundang ke rumah Ibu Nurlaila Amir,  yang berpengalaman 30 tahun di Amerika, menikah dengan orang Amerika, Pak Bill, dan dikaruniai dua putri, salah satunya tinggal di Jakarta, mengajar bahasa Inggris di sekolah Internasional.

Saya berkesempatan bincang-bincang dan berfoto-foto dengan penuh kekeluargaan, walaupun itu pertama kali bertemu dan datang ke rumahnya Ibu Nurlaila dan Pak Bill. Kami dijamu berbagai makanan menu Indonesia seperti opor ayam, rencang, sayur labu siam, rendang, dll. Ketika mau pulang, istri saya diminta bungkus beberapa makanan dan kue Indonesia, seperti kue nastar.

Ibu Nurlaila merasa nyaman dipanggil Kakak Lela, mengaku waktu remaja, rajin berdoa, bercita-cita hidup bahagia di luar negeri, dan doanya terkabul, dapat jodoh pria Amerika, Pak Bill yang baik dan ramah kepada keluarga dan kerabat Kak Lela.

Kak Lela mengaku sebagai anak kedua dan memiliki dua adik. “Saya anak kedua dan bersama adik keempat mendapat jodoh orang Amerika dan kami tinggal lebih 30 tahun di Amerika. Kakak saya dan adik nomor ketiga tinggal di Palembang. Jika adik Saleh adik kesulitan di sini, kota Hartford, jangan segan hubungi Kak Lela,” tuturnya.

                   Ali  Antar, asal Mesir, sahabat Pak Alwi Shihab, pendiri Masjid Berlin, Hartford, Connecticut, Amerika.

Saya sekeluarga merasakan pertemuan pertama dengan keluarga Kak Lela, sudah seperti kenalan lama, bagitu akrab dan tulus. Pertemuan yang sangat berkesan ini, apalagi momentnya dalam situasi lebaran yang jauh dari keluarga, kemudian bertemu sebangsa yang baik, yang Saya bisa lakukan hanya mendoakan Kak Lela agar panjang umur dan bahagia selalu bersama keluarga kecilnya di Amerika. (M. Saleh Mude) Koresponden AKMER di AS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *