Pemdes Pondos Salurkan BLT-DD Kepada 37 Keluarga Penerima Manfaat Tahun 2021

MINSEL, AngkatanMerdeka.com- Pemerintah Desa Pondos Kecamatan Amurang Barat Kabupaten Minahasa Selatan, melaksanakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penyaluran BLT-DD ini dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Pondos, Jumat, (11/6/2021).

Sesuai hasil Validasi data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT-DD Desa Pondos, total berjumlah 37 Keluarga. Terhitung periode bulan Januari 2021, sebesar Rp.300.000/KPM.

Penyaluran BLT-DD dihadiri langsung oleh Tenaga Ahli Kabupaten, Pendamping Desa Kecamatan, Penjabat Hukum Tua Ramlly Karu, S.sos, bersama Seluruh Prangkat Desa Pondos.

Penjabat Hukum Tua Desa Pondos, Ramlly Karu, S.sos, saat berbincang-bincang dengan Media ini,mengatakan, Desa Pondos pada penetapan awal ada 104 KK, yang terdata sebagai penerima BLT-DD, namun terjadi pengurangan yang sangat siknifikan, yang diketahui saat ini hanya tinggal 37 Kepala Keluarga Penerima Manfaat, dan hal ini terjadi bukan karena kemauan dari Kami sebagi Pemerintah Desa, akan tetapi dikarenakan adanya peraturan baru, yaitu, Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 22 Tahun 2021 Pasal 39 yang mengatur tentang krateria Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT-DD.

” Pemerintah Desa Pondos, tentunya mengharapkan akan adanya pengertian kepada Warga Masyarakat, yang pada awalnya terdata sebagai penerima BLT-DD, namun saat ini tidak tedaftar lagi sebagai penerima, itu terjadi bukan karena keinginan kami, akan tetapi aturanlah yang mengatakan seperti itu.” Tutur Karu.

Ditambahkannya, sesuai PMK No. 22 Tahun 2021 Pasal 39 Masyarakat penerima bantuan Pangan Non Tunai, seperti, UMKM tidak di perbolehkan lagi menerimah BLT-DD, dan mereka yang tedaftar itu sesuai Validasi data, yang telah diputuskan lewat musyawara desa bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD),
Oleh karena itu, saya sebagai Penjabat Hukum Tua memohon maaf karena hal ini terjadi bukan karena ada unsur kesengajaan.

“Semoga dengan adanya BLT-DD ini dapat membantu masyarakat miskin yang terdampak pandemi Covid-19, amat terlebih terhadap sendi-sendi ekonomi dan kesehatan warga masyarakat” Ungkap Ramlly Karu. (Ato)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *