Gelar Seminar, Boy Tumiwa dan Gembala Ricko Rasu, Berhasil Tetapkan HUT Desa Wakan

SULUT, AngkatanMerdeka.com-

Boy Tumiwa Bsc, SH. M.Si, dan Gembala Ricko Rasu, M.Th. bekerja sama dengan Pemerintah Desa Wakan Kecamatan Amurang Barat Kabupaten Minahasa Selatan, dengan Pimpinan Gereja Sidang Wale Pinaesaan E’ Wakan bersama BPD, melaksanakan  seminar tentang sejarah Gereja dan Desa, Rabu, 3/08/2022.

Hadir pada pelaksanaan seminar ini, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Boy Tumiwa, B.Sc, SH, M.Si, (Penggagas), Gbl. Rico Rasu M.Th, (Penggagas) Hukum Tua Desa Wakan Lexi Jack Rembet, Ketua BPD Fredy Rembet, Ketua Badan Pimpinan Sidang (BPS), Ventje Tumangken S.Pd. Toko Masyarakat, Tokoh Gereja dan seluruh Prangkat Desa Wakan.

Boy Tumiwa, Bsc, SH. M.Si, di sela-sela kegiatan menyampaikan sangat bersyukur karena ada perhatian yang sangat serius dari Pemerintah, BPD, Tokoh Masyarakat dan Pimpinan Gereja, bahlan seluruh bahkan seluruh lapisan masyarakat.
Ternyata mereka ada kerinduan untuk ingin tau sejarah perjalanan desa dan gereja ini, sehingga dalam seminar ada dinamika yang luar biasa, tapi puji Tuhan bole berjalan dengan baik, bahkan berakhir dengan menghasilkan satu kesimpulan dengan merekomendasikan kepada BPD untuk dapat menetapkan Hari Uang Tahun (HUT) Desa Wakan, agar supaya desa ini, kedepan sudah memiliki identitas tanggal dan tahun lahir.” Ucap Tumiwa.

Gembala Ricko Rasu M.Th, sala satu penggagas Seminar, ketika bersua dengan Media ini mengatakan, sangat senang dan bangga, karena momentum pada kegiatan ini, akan di abadikan sebagai satu sejarah yang tidak akan pernah di lupakan, dan sesuai keputusan bersama pada seminar yang baru selesai, maka tanggal tiga (3) Agustus Tahun 1450 adalah hari lahirnya Desa Wakan.

” Melalui keputusan ini, maka di rekomendasikan kepada Pemerintah dan Badan Permusywaratan Desa (BPD), untuk di tetapkan dalam aturan desa (Perdes), karena ini adalah kepurusan yang sangat positif, dan di sinilah letak kita sebagai warga masyarakat untuk membangun Persatuan dan Kesatuan, agar dapat tercipta kekompakan dan saling baku-baku sayang.” Tutup Gembala Ricko.

Hukum Tua Desa Wakan, Lexi Jack Rembet, pada kesempatan yang sama, menyampaikan terima kasih yang se- besar besarnya kepada dua tokoh masyarakat desa wakan, Boy Tumiwa, Bsc. SH, M.Si, selaku Anggota DPRD Sulut dan Gembala Ricko Rasu, M.Th, yang telah menggagas akan pelaksananaan seminar tentang sejarah Gereja dan Desa Wakan, dan pada pertemuan tersebut, melahirkan satu kesimpulan bahwa, hari lahirnya Desa Wakan jatuh pada tanggal 3 Agustus Tahun 1450.

” Kami sebagai Pemerintah bersama BPD, Tokoh Masyarakat, bahkan seluruh Warga Masyarakat Desa Wakan menyampaikan salut dan bangga kepada dua tokoh ini, yang telah berupaya menggali dan mencari akan perjalanan sejarah desa dan gereja untuk di seminarkan, dan ini tidak lah muda di kerjakan bagi kita semua Warga Desa Wakan.
Puji Tuhan apa yang mereka kerjakan telah membuahkan hasil yang luar biasa.” Ucap Rembet.

Ditambahkan Rembet, hasil keputusan pada kegiatan seminar, dokumennya telah di serahkan kepada kami Pemerintah dan BPD, untuk di bawah pada Musyawara Desa (Musdes), dalam rangka penetapan tanggal dan tahun lahirnya desa wakan, agar di masukan pada peraturan desa atau Perdes.” Ungkap Hukum Tua Lexi.  (SK)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *