Unbor dan LSPPO Buat Terobosan Guna Beri Mamfaat Mahasiswa dan Petani

Jakarta, AngkatanMerdeka.com- Fakultas Pertanian Universitas Borobudur (Unbor) melakukan Suatu acara terobosan dalam hal meningkatkan mutu dan daya saing  profesi Alumni di bidang pertanian.

Acara yang di gelar Fakultas Pertanian Unbor ini  bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pertanian Organik (LSPPO), serta Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang melaukan Uji Kompetensi dan Sertifikasi Pertanian Organik.

Perhelatan ini digelar di kampus Fakultas Pertanian Universitas Borobudur Jalan Kalimalang Jakarta, Sabtu, 24 April 2021.

Terselengaranya kegiatan yang sangat positif ini berkat kerjasama antara LSPPO dengan Fakultas Pertanian Unbor yang pesertanya  diikuti oleh berbagai kalangan dari akademik baik mahasiswa maupun para dosen Fak pertanian. Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 40 orang dibagi dalam dua tahap.

Tahap pertama pertama dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 24 April 2021 dengan peserta dari kalangan Mahasiswa yang mempunyai profesi dibidang pertanian khususnya Mahasiswa Unbor, Mahasiswa Politeknik Kelapa Sawit, Dosen dan lainnya,

Sementara tahap  ke dua nantinya akan dilaksanakan pada tanggal 30 April 2021.

Pada acara pembukaan yang digelar pada Sabtu, 24 April 2021, dihadiri oleh Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi Pertanian Organik,  Dr. Ir. I Nyoman Oka Tridjaja, M.Sc beserta jajarannya dan sementara pihak Kampus Unbor dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. Darwati Susilastuti, MM, Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan, Dr. Ir. Sugianto.MM, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Borobudur, Dr, Ir. Sugianto, MM beserta jajaran dan beberapa asesor antara lain, Naziruddin Lubis, Galih Satria Kusumanto dan Agus Yulianto.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Darwati mengungkapkan bahwa Sertifikasi Profesi Pertanian sangatlah penting, ”dengan adanya berbagai manfaat dari sertifikasi Profesi Pertanian, nantinya bisa dimanfaatkan sebagai kompetensi pada Surat Keterangan Pendamping Ijazah, jelas Prof Darwati.

Lanjut dikatakan, “pemegang sertifikat yang berlaku secara internasional yang dilegalisasi BNSP nantinya bisa menjadi motivator baik kepada mahasiswa maupun kepada petani di Indonesia,” tuturnya.

Sementara Direktur LSPPO Dr. Ir. I Nyoman Oka mengharapkan agar peserta Uji kompetensi nantinya bisa menambah konpetensi diri untuk bersaing khusunya dibidang pertanian sebagaimana prinsip kampus merdeka.

Sebagaimana kita ketahui bahwa kampus merdeka  akan mewujudkan ekosistem yang akan menghasilkan SDM unggul serta mengalirkan karya–karya dari perguruan tinggi ke dunia nyata.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan awal atas kerjasama antara Universitas Borobudur dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pertanian Organik (LSPPO) yang bertujuan untuk  melakukan sertifikasi, pelatihan, dan mejadi dosen tamu dalam berbagai kegiatan.

Pembelajaran yang nantinya akan melakukan kegiatan-kegiatan yang tentunya memberikan kontribusi pengakuan  dan perbaikan konpetensi profesi dalam bidang pertanian. (Nur)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *