Bank Sampah Mawar Baru Berdayakan Warga Kelola Sampah

Jakarta, AngkatanMerdeka.com –
Wakil Camat Koja, Yuni Wijayanti didampingi Lurah Rawa Badak Utara, Nani meninjau aktivitas Bank Sampah Mawar Baru yang berada di lingkungan RW 011 Kelurahan Tugu Utara, Jumat (24/9). Setiap bulannya, Bank Sampah Mawar Baru dapat mengumpulkan sampah anorganik hingga 1 kwintal dari 30 nasabah yang merupakan warga setempat.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan Bank Sampah Mawar Baru yang sudah berjalan sejak 2 tahun lalu. Apalagi hasil dari pengumpulan sampah ini disedekahkan dalam bentuk Jumat Berkah yang memberikan manfaat untuk warga sekitar. Semoga kegiatan ini bisa berjalan rutin dan berkesinambungan dalam upaya penanganan sampah lingkungan,” terang Yuni Wijayanti saat ditemui di Bank Sampah Mawar Baru.

Selain mengelola sampah anorganik, Bank Sampah Mawar Baru juga menampung limbah minyak jelantah (mijel). “Hasil pengumpulan mijel disumbangkan lagi untuk kegiatan sosial maupun keagamaan. Antusias dari para kader dasawisma, jumantik, pengurus RT/RW, dan warga setempat untuk ikut berpartisipasi dalam pengelolaan bank sampah semakin meningkat,” ungkap Lurah Rawa Badak Utara, Nani.

Ia menyatakan, akan terus mendukung kegiatan bank sampah yang ada di wilayah Kelurahan Tugu Utara. “Ada 4 bank sampah yang sudah memiliki SK dari 14 RW sedangkan yang sudah berjalan bisa lebih dari itu. Selain mengelola sampah juga bisa berbuat sosial yang memberikan manfaat bagi banyak orang. Memberdayakan masyarakat dari dan oleh warganya sendiri,” ujarnya. (Jhon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *