Gerai Nasional Pas Kecil Mempermudah Proses Sertifikasi Kapal

JAKARTA, AngkatanMerdeka.com –

Hadirnya Gerai Nasional Pas Kecil di Taman Adhi Karya, Plaza Kalibaru, Jakarta Utara merupakan terobosan dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam upaya peningkatan layanan penerbitan Pas Kecil berbasis elektronik (E-Pas Kecil) bagi nelayan Jakarta Utara yang memiliki kapal dibawah tujuh Gross Ton (GT).

“Gerai Nasional Pas Kecil dihadirkan untuk mempermudah dan mempercepat proses sertifikasi kapal penangkap ikan, barang atau angkutan dibawah tujuh GT yang berada di wilayah Tanjung Priok dan sekitarnya. Pas Kecil merupakan surat tanda kebangsaan kapal atau dokumen kepemilikan kapal kalau di kendaraan itu istilahnya BPKB,” terang Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, Andi Hartono saat membuka Gerai Nasional Pas Kecil di Taman Adhi Karya, Plaza Kalibaru, Senin (7/11).

Ia menyebutkan seribu kuota penerbitan E-Pas Kecil telah disiapkan untuk mengakomodir kebutuhan nelayan di pesisir Utara Jakarta. “Target awal adalah seribu penerbitan kartu E-Pas Kecil tapi kalau ada 3.000 silahkan mau dilanjutkan karena kami komitmen untuk terus membantu nelayan-nelayan kecil. Ini gratis jadi harus segera dimanfaatkan karena kalau sudah punya Pas Kecil maka nelayan bisa melaut dengan hati yang tenang,” ungkapnya.

Adanya layanan penerbitan E-Pas Kecil secara gratis bagi nelayan Jakarta Utara disambut baik oleh Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim yang hadir langsung dalam acara pembukaan Gerai Nasional Pas Kecil. “Kita siap untuk bersinergi dalam mendukung kelengkapan persyaratan bagi nelayan kecil dibawah tujuh GT. Mudah-mudahan tidak kendala dan semua bisa berjalan dengan optimal. Disini, saya juga mengimbau kepada warga nelayan Jakarta Utara agar memanfaatkan kesempatan yang ada karena ini sekaligus untuk pendataan, penyelamatan, dan apabila ada subsidi dari pemerintah bisa dimudahkan dan tepat sasaran,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan pemberian rompi pelampung dan kartu E-Pas Kecil kepada delapan nelayan Jakarta Utara. “Saya bersyukur dan terima kasih kepada pemerintah karena sudah dimudahkan untuk mengurus Pas Kecil tanpa mengeluarkan biaya seperak pun. Ini sangat membantu sekali,” ucap Nelayan Kalibaru, Carsa yang  memiliki dua kapal dengan nama Airlangga.

Sedangkan di kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Anggota DPD RI, Kasudin Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian  Kota Administrasi Jakarta Utara, Unang Rustanto, Kepala Bagian Perekonomian Setko Administrasi Jakarta Utara, Dewi Sartika, Camat Cilincing, Anita Permata Sari, Lurah Kalibaru, Mulyadi, Lurah Cilincing, Helwin Ginting, dan Lurah Marunda, Agung Dian Cahyo.(diq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *