FyFzYqCeKzZoYmEbIfZnVeZgKaCbWsTtYjYnWvBzMhBvMtReHiGrOwGfNeGnIjRdXbAoRfOkIgYfSqTlQrCuXuPdKsFeWzWuFzIeCpFwGqCjCvBhIoNbXjSrMaTvPdTkOqSsUxBeQjBmNwTtExQaNhBlItMaZuBjXjZgXqEsEpAiBcJnBvZjWmJcVqDyOoExXtMkLl

Situasi PSBB Transisi, 2 Kali Musibah Kebakaran Terjadi Melanda wilayah Tanah Abang Jakarta pusat.

Jakarta, Angkatan-Merdeka.com- Kebakaran terjadi dalam kurun waktu sehari setelah kejadian kebakaran yg menghanguskan 1 bangunan kios rokok berlokasi di Jalan Jatibunder II Rt 06 / 09 Kel Kebon Kacang, Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat, pada Jumat 12 Juni 2020. Musibah kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 01.20 wib dini hari. Tak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian meteri di perkirakan mencapai Ratusan Juta Rupiah.

Belum kering air yang mengguyur puing-puing bangunan kios yang terbakar dari mobil pemadam kebakaran, kini kebakaran kembali terjadi, musibah kebakaran ini masih dalam wilayah Kec. Tanah Abang yakni Kel Bendungan Hilir (Benhil) Sabtu 13 Juni 2020 pukul 09.25 wib, tepatnya di jl Penjernihan I Rt 13/07 Kel Bendungan Hilir Tanah Abang Jakarta Pusat.

Informasi yg diperoleh Media ini dari salah satu warga, H Maming menuturkan,
asal muasal api pertama kali muncul dari lantai atas rumah Matyani salah satu anggota FKDM Kel Benhil. Karna bangunan lantai atas terbuat dari bahan yang mudah terbakar, api langsung membesar sulit dikendalikan dan melalap habis hingga berambat pada bangunan sebelah sampai menimbulkan kepanikan warga.

Berkat kerjasama antara warga, Karang Taruna, FKDM, Pengurus Rt Rw berusaha dengan alat seadanya disertai sigap tanpa kenal rasa takut, saling bahu membahu berjibaku memadamkan api hingga akhirnya api dapat dijinakkan hingga padam. Selain Abdi masyarakat, pemadaman ini tak luput dari kesigapan dari Petugas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat yang hari itu menurunkan 15 unit mobil Damkar yang di komandoi oleh Perwira Piket Syaiful Kahfi .
Sampai dengan pukul 11.00 wib pendinginan masih terus berlangsung.

Tak ada korban jiwa dalam bencana kebakaran ini.
Tercatat 36 Kepala Keluarga yang terdiri dari 160 Jiwa kehilangan tempat tinggal.
Sampai saat ini belum ada rincian kerugian secara keseluruhan, namun yang pasti 5 unit rumah yg ludes terbakar serta 6 unit rumah lainnya kena dampak.
Penyebab kebakaran belum bisa dipastikan masih dalam penyelidikan pihak kepolisian, namun dugaan sementara menurut beberapa sumber bahwa arus pendek listerik penyebabnya.

Seringnya terjadi musibah kebakaran, kebanyakan adalah akibat dari pemilik atau penghuni rumah yg saat kejadian tidak berada dirumah sehingga hal yang sepele dapat menimbulkan sebuah masalah besar. Seperti sering kali lupa mencabut dan mematikan listrik semua perangkat rumah tangga lainnya yang menggunakan listerik atau kompor gas, hal ini dianggap sepele namun akhirnya menimbulkan suatu malapetaka yang besar, akibat kelalaian kita sendiri. (FirmanS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *